Widget HTML #1

Cara Membuka Usaha Toko Mainan Anak dengan 5 Langkah

Cara Membuka Usaha Toko Mainan Anak dengan 5 Langkah

Tokonfline - Perlu Anda ketahui bahwa cara membuka usaha toko mainan anak itu hanya perlu lima langkah saja. Ketika Anda mengaplikasikan kelima tahapan yang bakal kami jelaskan di bawah ini, Anda akan mengangguk paham dan kemudian menyetujuinya.

Flen, kami mendapatkan informasi ini dari seorang YouTubers. Ia mengulas penjelasan tentang bisnis mainan anak dengan baik. Dan kami menambahkannya sedikit lewat artikel ini.

Baiklah, begini panduan untuk membuka usaha toko mainan khusus buat anak kecil.

Pahami Dulu, Apa Itu Toko Mainan Anak?

Toko mainan anak adalah jenis toko yang fokus menjual mainan-mainan untuk anak kecil. Bentuk mainan anak beragam. Mulai dari mainan mobil-mobilan, robot, dan masih banyak lagi.

Ada perbedaan antara orang yang membuka toko dengan orang yang berdagang mainan anak di sekolah-sekolah SD. Toko lebih kepada tampak bisnisnya, sedangkan pedagang hanya berjualan keliling saja tanpa adanya toko milik pribadi yang resmi.

Kalau untuk berdagang mainan, caranya mudah saja. Anda tinggal mengambil barang ke sebuah toko, lalu mendagangkannya secara keliling. Sedangkan toko, cara buka usahanya tidak seperti itu. Ia lebih kepada berbisnis.

Bagaimana Cara Membuka Usaha Toko Mainan Anak?

1. Memiliki niat serius untuk membuka toko

Utamanya adalah memiliki niat yang sungguh-sungguh. Itu saja dulu. Niat pun harus dijalani dengan perbuatan. Ketika Anda mempunyai niat yang serius, maka Anda akan melakukan riset. Lalu menentukan target sasarannya.

Maksud target pembeli di sini adalah Anda mengkategorikan anak kecil di usia berapa yang bakal Anda bidik. Anak SD berbeda bentuk mainannya dengan anak kecil yang belum sekolah. Nah di sinilah riset yang Anda lakukan harus benar-benar tertarget dengan apik.

Apakah Anda pribadi sudah ada niat untuk membuka usaha toko mainan anak? Kalau sudah, maka kasih nama usaha untuk mainan anak yang ingin Anda dirikan itu. Biasanya orang-orang yang membuka toko mainan suka dikasih kata "Toys".

Misalnya Ibrahim Toys. Ini sudah kelihatan bahwa Pak Ibrahim sedang menjual mainan di tokonya.

2. Menentukan tempat toko yang tepat

Tempat toko harus strategis. Cari ruko atau tanah kosong yang terletak di pinggir jalan. Atau, Anda bisa juga berjualan di sebuah kampung. Namun, kampung tempat Anda berjualan harus yang banyak anak kecilnya.

Maka dari itu, langkah kedua juga termasuk dalam riset yang Anda lakukan. Maksud kami, sebelum Anda membuka toko, Anda cari dulu kampung yang sekiranya anak kecilnya banyak.

Cara mengetahuinya, yakni dengan iseng-iseng saja Anda berkeliling ke sebuah kampung. Lihat di malam hari, apakah ada sebuah pengajian yang diisi oleh anak kecil. Apakah ada sekolahan SD atau PAUD.

Dengan membuka toko di tempat yang tepat, maka usaha Anda terbilang tertarget nantinya. Sedikit saran, cari juga ruko di kampung yang harganya murah.

3. Bekerja sama dengan distributor mainan

Setelah Anda menentukan tempat, maka cari distributor mainan anak. Katakanlah semacam grosir mainan. Mengapa Anda harus mencari distributor? Tentu saja jawabannya karena harga mainan di grosir cukup murah daripada Anda membeli langsung ke toko mainan lainnya.

Ada banyak kota yang menjadi distributor anak, seperti di Bandung dan Jakarta. Di luar pulau Jawa pun banyak. Ini bisa Anda temukan kalau Anda mencari sendiri dengan serius.

Ketika Anda sudah mendapatkan distributor, maka langkah selanjutnya adalah membeli mainan anak yang lagi trending seperti mainan One Piece yang banyak penggemarnya di Indonesia, atau bisa juga robot-robotan Transformers, dan juga mainan dari tokoh-tokoh Marvels.

Kalau untuk anak kecil biasanya hanya mobil-mobilan, barbie, tamiya, dan lain-lain.

Langkah Membuka Usaha Toko Mainan Anak Kecil

4. Mempunyai modal awal untuk membuka toko

Berapa modal untuk membuka usaha toko mainan ini? Tergantung kesiapan Anda. Semakin banyak modal, maka semakin bagus. Atau Anda bisa memulainya dari yang kecil dulu. Lima juta misalnya untuk membeli mainan. Sementara itu, perkara tempat, Anda bisa membayarnya tiap bulan.

Imbangi juga dengan promosi-promosi di sosial media agar toko Anda dikenal oleh anak-anak. Anda bisa beriklan di sosial media dengan menargetkan bocah-bocah kecil. Kami rasa, usaha ini akan terlihat seru.

Dan ada baiknya, Anda menjual mainan yang ada di toko Anda melalui marketplace. Sebab bagaimanapun juga, toko harus mengikuti jaman.

5. Punya karakter keberanian membuka toko tanpa melihat risiko

Keseriusan itu dibuktikan dengan adanya karakter yang berani. Berani buka toko tanpa memikirkan berbagai risiko yang bakal hadir kepada Anda. Sederhananya kalau gagal, itu tidak apa-apa. Jadikan pengalaman saja.

Jadi, dalam membuka usaha ini, Anda harus berani.

Mengapa?

Simak ulasannya dalam keuntungan membuka toko mainan ini.

Apa Keuntungan Membuka Usaha Toko Mainan?

Untuk menggapai keberanian, Anda harus mengerti keuntungannya apa saja.

1. Mainan anak tidak akan pernah basi

Usaha makanan sudah pasti ada basinya, sedangkan usaha mainan, tidak ada basinya. Sekali mengeluarkan modal, maka berguna selamanya selagi jenis mainan tersebut belum terjual. Yang belum terjual, bisa Anda murahkan harganya.

2. Anak kecil butuh mainan

Tiap orang tua, kebanyakan pasti memberikan mainan untuk anaknya. Entah itu anaknya yang ingin atau orangtuanya yang memberi sebagai kado. Meski jaman sudah digital, tetap saja anak kecil suka mainan.

3. Toko mainan bisa digabungkan dengan barang-barang lainnya

Agar toko mainan laris, maka gabungkan saja dengan menjual barang-barang yang berhubungan dengan anak kecil, seperti seragam SD atau buku tulis. Sambil orangtua membeli seragam buat anaknya, maka anaknya pun akan melihat-lihat mainan. Dan kemungkinan dibeli lebih besar, minimal satu mainan.

Kesimpulan

Jadi, cara membuka usaha toko mainan, langkah awalnya pahami dulu lima hal di atas. Lalu aplikasikan oleh Anda. Sudah banyak kisah sukses usaha mainan anak yang kami temukan langsung di sosial media dan di dunia nyata. Salah satunya adalah Mas  Ibrathar Toys.

Tonton di sini:



Setelah mempublish artikel ini, peluang usaha mainan anak edukatif pun terbuka lebar buat Anda semua. Anda tinggal mengaplikasikannya.

TOKONFLINE
TOKONFLINE Tokonfline adalah situs besar yang membahas seputar dunia toko.

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Usaha Toko Mainan Anak dengan 5 Langkah"