Widget HTML #1

Cara Buka Usaha Toko Pancing di Jaman Sekarang

Cara Buka Usaha Toko Pancing

Tokonfline - Perkembangan usaha alat memancing tiap tahunnya semakin meningkat. Setidaknya, itu yang pernah kami dengar dari salah satu pebisnis yang terjun di dunia peralatan memancing.

Dan hal ini dibuktikan juga dengan banyaknya video-video di media sosial tentang aktivitas memancing yang semakin banyak saja tentunya.

Nah oleh karena sudah banyaknya orang yang hobi memancing, maka pada kesempatan hari ini, Tokonfline akan membahas tentang cara buka usaha toko pancing. Baik itu buka toko di daerah-daerah maupun di perkotaan.

Ingin tahu apa saja yang harus dilakukan untuk membuka usaha toko pancing?

Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Toko Pancing?

Berdasar pengamatan kami, toko pancing adalah jenis toko yang tidak bisa dilengkapi dengan barang dagangan apapun.

Fokus toko ini hanya menjual alat pancing atau segala sesuatu yang berkaitan dengan cara menangkap ikan. Jenis toko ini konsisten berjualan alat pancing, umpan, jala, pengkait, dan masih banyak lagi.

Apa Saja Daftar Barang di Toko Pancing?

Untuk memulai membuka usaha ini, maka Anda harus mengetahui dulu jenis-jenis barang yang mesti disediakan di toko pancingan ikan.

Inilah list barangnya:

1. Joran atau yang disebut dengan tongkat untuk memancing. Joran ini harus bagus agar tarikannya kuat, Flen.

2. Gulungan senar atau reel.

3. Kail. Ini adalah alat paling krusial banget.

4. Senar

5. Sediakan umpan. Ini memang bukan alat, tapi barang yang kami pikir perlu Anda sediakan.

6. Pelampung. Ini alat petanda terkait apakah umpan Anda dimakan ikan atau tidak. Kalau dalam bahasa Sunda disebut dengan kukumbul/umbul-umbul.

7. Stopper

8. Swivel (alat agar senar tidak kusut).

9. Timah. Fungsinya buat menenggelamkan umpan yang kita pasang.

10. Snap. Penyatu antara senar dengan kail.

Disclaimer: barang-barang di atas disesuaikan saja dengan keperluan Anda. Kalau rekan-rekan Anda kebanyakan memancing di sungai, maka beberapa barang di atas seperti swivel dan stopper tidak perlu diadakan di toko.

Kecuali kalau pemancing di sekitaran daerah Anda mancingnya di laut, maka sepuluh peralatan di atas perlu disediain di toko.

Bagaimana Cara Buka Usaha Toko Pancing dan Memulainya?

Mari kita masuk ke inti pembahasan.

Bagaimana cara membuka usaha toko ini?

1. Anda harus hobi mancing

Menurut pengalaman orang-orang yang berbisnis alat pancingan, hal pertama untuk memulai dan membuka usaha toko pancingan ini adalah pemiliknya mesti hobi mancing dulu.

Kenapa?

Sebab, kalau berawal dari hobi maka seenggaknya dia bakal tahu soal segmentasi pasarnya bagaimana, barang yang harus dibeli apa saja, dan ke siapa saja melakukan kerjasama agar tokonya banyak peminatnya.

Kalau tidak hobi mancing?

Boleh juga. Asalkan kenal dan berteman dengan para pemancing. Sehingga nanti bisa berdiskusi bareng untuk mengisi keperluan toko.

Atau kalau tidak hobi memancing, setidaknya ada rasa sukalah dengan kegiatan memancing.


2. Menentukan lokasi yang tepat untuk mendirikan toko

Langkah paling sulit adalah saat menentukan lokasi toko. Alasannya karena sekali saja salah melangkah atau keliru dalam pendirian toko, maka kedepannya bakal kepayahan.

Maka dari itu, riset dulu. Kira-kira di daerah mana atau di tempat mana toko pancingan ini bakal laris dan terakses dengan baik oleh para pemancing.

Tentu saja idealnya di pinggir jalan. Tapi, harus memantau dulu, apakah sudah ada yang mendirikan toko pancingan atau belum. Sehingga, tidak bersaing nantinya.

Toko baru jelas bakal kalah saing oleh toko pancingan lama. Itulah pentingnya mencari lokasi yang pas.

Cara Buka Usaha Toko Pancing


3. Membuat surat perizinan toko

Kalau sudah menentukan lokasi, lalu sudah fiks juga buat toko pancingan, maka langkah yang selanjutnya adalah bikin surat perizinan toko.

Gampang soal pembuatan surat dan perizinan mah, hampir sama dengan usaha toko-toko lainnya. Anda tinggal ikhtiar saja bertanya ke pemilik toko yang ada di situ. Mereka pasti bakal ngasih tahu dan juga mengarahkan Anda.

4. Mencari supplier alat pancing

Carilah supplier alat memancing yang murah. Utamakan harga grosiran. Terutama untuk toko baru. Penting memiliki distributor alat dan barang mancing yang terjangkau harganya sama kita.

Untuk mencari supplier, Anda tinggal pergi ke kota. Atau, tanyakan ke komunitas pemancing dekat rumah Anda. Mereka bakal tahu lokasi distributor alat pancing terbesar di Indonesia.

5. Pandai mempromosikan toko

Setelah Anda berhasil mendirikan atau membangun toko, jangan lupa juga untuk mempromosikannya di media sosial atau website. Di jaman sekarang ini, power sosmed dan website sangat bagus untuk diandalkan.

Anda bisa memaksimalkan Instagram dan Facebook. Dan Anda buat juga website khusus alat-alat pancing. Soalnya banyak pemancing yang berselancar di Google untuk mencari toko pancingan ikan yang murah.

6. Memiliki modal awal yang cukup

Modal uang untuk buka usaha toko ini ada sekitar 30-40 juta. Ini sudah terbilang menengah. Kalau kelas atas biasanya di atas 100 juta karena tokonya ditujukan buat pemancing laut.

Apakah dengan 10 juta saja bisa?

Bisa kalau sasaran pemancingnya hanya di sungai atau danau saja. Ini sesuaikan saja dengan kemampuan Anda.

7. Butuh kefokusan

Langkah ketujuh adalah kefokusan. Peka terhadap barang dan keperluan para pemancing. Harus mampu juga berpikir optimis dikala toko lagi sepi.

Kefokusan adalah faktor dalam yang perlu Anda miliki agar toko berkembang pesat.

Peluang Usaha Toko Pancing

Kalau peluang usaha toko alat pancingan ini, dilihat dari animo masyarakat yang sudah banyak hobi memancing, tentu saja peluangnya besar. Hampir di setiap kota, pasti ada komunitas memancing. Baik itu mancing dengan skala besar maupun kecil. Dari yang serius sampai ke buat senang-senang saja.

Dilihat dari sisi geografis juga negara kita ini dikelilingi oleh pulau atau laut. Jadi peminat tidak akan turun. Ditambah lagi, banyak orang Indonesia yang berprofesi sebagai nelayan. Mereka pun kadang menangkap ikan dengan peralatan memancing yang berkualitas.

Prospek toko pancing di daerah juga berkembang bagus meskipun persaingan lumayan tinggi juga. Tapi, persaingan toko ini tidak seperti jenis toko lainnya. Masih bisa dihitung dengan jari.

Kelemahan Usaha Toko Pancing

Setiap toko pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Inilah kelemahan toko pancingan.

1. Modal terbilang besar

Minimal modal itu 10 juta. Dan bagi orang daerah, uang segitu terbilang tinggi. Belum lagi mungkin sewa tanah kosong, ruko, tempat, dan lain-lain.

Jadi, Anda perlu mempersiapkan modal yang besar.

2. Persaingan yang semakin tinggi

Persaingan juga sudah semakin tinggi. Namun, tenang saja, rezeki sudah diatur. Dan para pemancing juga nanti bisa membedakan dan mengkotak-kotakan dengan sendiri. Istilahnya bakal memiliki pelanggan masing-masing bagi antar toko.

3. Penjualan agak lama

Benar bahwa penjualan kadang lama, tapi tenang saja bahwa alat pancingan tidak akan basi. Ia akan ada selama barang belum terjual. Beda dengan usaha makanan, pasti ada basinya.

Kesimpulan

Demikian penjelasan cara buka usaha toko pancing yang dapat kami bagikan pada hari ini. Semoga artikelnya dapat memberikan manfaat bagi Flen-Flen semua. Terima kasih.

Tonton juga kisah menarik dari orang yang membuka usaha toko pancing.

TOKONFLINE
TOKONFLINE Tokonfline adalah situs besar yang membahas seputar dunia toko.

Posting Komentar untuk "Cara Buka Usaha Toko Pancing di Jaman Sekarang"